Thursday, November 12, 2015

Manfaatkan wni - tak perlu jasa lobbi


# Mahfudz: Manfaatkan WNI, tak Perlu Jasa Lobbi
Oleh : Fadhly Zikry

 Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengatakan, dalam konteks hubungan bilateral, pemerintah Indonesia memang memerlukan lobbi.

Untuk lobbi tersebut, politikus PKS ini menyarankan adanya tokoh-tokoh tertentu yang berfungsi sebagai special envoy Indonesia untuk negara besar, seperti Amerika, China, Jepang, Turki, Rusia dan lain-lain.
"Mereka adalah WNI yang dikenal dan diterima luas di negara-negara tersebut," kata Mahfudz dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/11/2015).

Tak hanya itu lanjut Mahfudz, WNI tersebut juga harus mempunyai jaringan luas kepada pihak-pihak pengambil keputusan. Namun begitu, sebagai special envoy, para WNI tersebut harus mempunyai anggaran melalui APBN.

"Jika pemerintah punya tokoh-tokoh seperti itu maka tidak perlu lagi gunakan jasa lembaga lobbi," tukasnya.
Sebelumnya, sebuah artikel di dunia maya berjudul "Waiting in the White House Lobby" yang ditulis Michael Buehler, menyatakan tentang adanya dugaan lobbi dari pihak broker dan biaya 80.000 dolar AS untuk memfasilitasi pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Amerika Barrack Obama. Namun Kementrian Luar Negeri dan Kedubes Republik Indonesia di Amerika telah membantah kabar tersebut. [fad]

Sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/2251702/mahfudz-manfaatkan-wni-tak-perlu-jasa-lobbi

Baca Juga :
Berita Politik Dalam Negeri 2015

No comments: