Tuesday, December 1, 2015

Kasus Setya Novanto Pertarungan Gengsi Politik



Kasus Setya Novanto Pertarungan Gengsi Politik

   
Kupang - Akademisi Universitas Muhammadiyah Kupang Ahmad Atang menilai kasus Ketua DPR Setya Novanto sudah merupakan pertarungan gengsi politik antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di parlemen.

"Kekuatan antarpartai untuk memenangkan sidang MKD dapat dilihat dari adanya pergantian anggota yang duduk di lembaga tersebut," kata Ahmad Atang kepada Antara di Kupang, Sabtu, terkait fenomena pergantian anggota MKD menjelang sidang kasus Setya Novanto.

Setelah partai Nasdem menarik kadernya dan digantikan oleh Akbar Faisal disusul PAN, PDI Perjuangan dan Demokrat, kini Golkar juga ikut mengganti tiga kadernya di MKD.

Orang-orang baru yang masuk ke MKD tersebut adalah mereka yang memiliki kemampuan lobi, adu argumen yang dapat membela kepentingan mereka.

"Jadi saya katakan bahwa kasus ini merupakan pertarungan gengsi politik antarpartai politik, terutama partai yang tergabung dalam KMP dan KIH," katanya.

Dia menambahkan, fenomena saling sandra antardua kubu di parlemen ini memberi sinyal bahwa apa yang laporkan Menteri ESDM Sudirman Said memang benar adanya.

Jika demikian halnya maka KIH tidak perlu pasang kuda-kuda kelewat serius, tapi kalau yang ditudukan ternyata tidak benar maka KMP juga tidak terlalu berlebihan.

"Antara benar dan salah dalam kasus Setya Novanto, tetapi yang pasti akan memakan korban, baik secara politik, hukum maupun ekonomi," kata Ahmad Atang. [tar]

sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/2255800/kasus-setya-novanto-pertarungan-gengsi-politik

Baca Juga :
- Berita Politik Dalam Negeri 2015

No comments: